'/> 10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Semenjak Dini

Info Populer 2022

10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Semenjak Dini

10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Semenjak Dini
10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Semenjak Dini
 Tips Mengajar Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini 10 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini
Salah satu upaya untuk mengajarkan anak biar taat beragama yaitu dengan mengajaknya melakukan puasa Ramadhan.

Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dirawat dan dijaga dengan baik. Cara merawat yang baik yaitu dengan mengajarkannya menjadi eksklusif yang taat beragama semenjak dini. Hal ini akan berdampak sangat baik untuk masa depan anak. Salah satu upaya untuk mengajarkan anak biar taat beragama yaitu dengan mengajaknya melakukan puasa Ramadhan. Berikut ada beberapa tips mengajar anak berpuasa Ramadhan semenjak dini.

Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

Ada10 tips mengajar anak berpuasa Ramadhan semenjak dini yang bisa Anda mulai coba lakukan.

1. Mengajarkan Anak Mengenai Rukun Islam dan Mengamalkannya

Dalam mengajarkan anak berpuasa, yang perlu Anda lakukan yaitu menanamkan aliran agama. Jadi, mereka bisa memahami dan mengamalkan ilmu agama yang diperoleh dengan baik. Puasa merupakan rukun Islam yang wajib diimani. Pahamkan anak mengenai hal ini.

2. Menceritakan Tentang Larangan dalam Puasa

Ceritakan kepada anak perihal apa saja larangan dalam puasa yaitu contohnya larangan berupa minum dan makan mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa juga bisa melatih anak untuk jujur terhadap dirinya sendiri.

3. Menceritakan Tentang Keutamaan-Keutamaan Puasa

Ceritakan kepada anak mengenai banyak sekali macam keuatamaan puasa Ramadhan. Hal ini untuk memperlihatkan dorongan kepada anak biar bisa menjalankan puasa dengan baik tanpa terbebani.

4. Memberikan Contoh Tauhid yang Baik

Anda harus bisa memperlihatkan pola tauhid yang baik kepada anak. Berikan bimbingan, perhatian, pengawasan, dukungan, isyarat dan teladan kepada anak secara teratur dalam hal yang berafiliasi dengan ibadah sesuai aliran agama.

5. Dilatih Sejak Usia Dini

Untuk lebih gampang mengajar anak berpuasa Ramadhan,latihlah anak melaksanakannya semenjak dini dengan bertahap.Ajari untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu.Setelah itu dilanjutkan untuk puasa penuh satu hari dalam waktu satu bulan. Sesuaikan dengan kemampuan dan keadaan anak.

6. Tidak Memaksa

Ajarkan anak berpuasa sesuai kemampuannya. Jangan hingga memaksa anak padahal kondisi fisiknya tidak memungkinkan. Hal ini malah bisa membahayakan kesehatan anak. Tidak harus berpuasa sehari penuh kalau anak belum bisa melaksanakannya.

7. Bersikap Tegas

Membiasakan anak melakukan ibadah harus dengan perilaku tegas namun dilarang memaksa. Anda juga perlu melatih anak biar disiplin sebab akan sangat memilih dalam proses pembentukan kebiasaan beribadah anak nantinya. Begitu pula dengan saat mengajarkan anak berpuasa di bulan Ramadhan.

8. Memberikan Hadiah

Jika anak bisa menuntaskan puasa mereka sehari atau sebulan dengan penuh, maka Anda bisa memperlihatkan apresiasi berupa hadiah. Hal ini bertujuan untuk menciptakan anak menjadi lebih bersemangat dalam melakukan ibadah puasa. Namun,ajarkan juga kepada mereka bahwa melakukan ibadah puasa itu sebab kewajiban, bukan sebab diberi hadiah.

9. Mengajarkan Anak Agar Menghormati Orang yang Sedang Berpuasa

Ajarkan juga kepada anak biar menghormati orang yang sedang berpuasa meskipun ia tidak berpuasa sebab belum mampu. Misalnya menyerupai tidak minum dan makan di hadapan orang yang sedang berpuasa. Laranglah anak mengejek orang lain yang tidak berpuasa sebab sesuatu hal contohnya perbedaan agama.

10. Memberikan Pemahaman Mengenai Bahaya Meninggalkan Puasa Ramadhan

Berikan pemahaman kepada anak mengenai ancaman meninggalkan puasa Ramadhan. Jika ia sudah baligh, maka aturan puasa Ramadhan baginya yaitu wajib. Jika meninggalkan, maka dosa yang akan didapatkan.

Tips mengajar anak berpuasa Ramadhan di atas bisa Anda mulai terapkan di rumah. Hal yang sangat penting diperhatikan saat mengajarkan anak berpuasa yaitu tidak dilakukan dengan pemaksaan.
Advertisement

Iklan Sidebar