'/> Upaya Memotivasi Berguru Siswa Dengan Reward

Info Populer 2022

Upaya Memotivasi Berguru Siswa Dengan Reward

Upaya Memotivasi Berguru Siswa Dengan Reward
Upaya Memotivasi Berguru Siswa Dengan Reward
Upaya Memotivasi Belajar Siswa dengan Reward Upaya Memotivasi Belajar Siswa dengan Reward
Memberikan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa.
Banyak faktor yang menunjang tercapainya tujuan acara mencar ilmu mengajar dalam kaitannya dengan perbuatan mencar ilmu siswa, faktor–faktor tersebut diantaranya, siswa, guru, orang tua, materi atau materi pelajaran, sekolah, sarana dan prasarana, serta lingkungan. Semua faktor penunjang tersebut saling berkaitan serta merupakan sebuah sistem yang semua unsur-unsurnya bekerjasama sehingga tidak sanggup dipisah-pisahkan.

Jika faktor guru mempunyai kompetensi dalam melaksanakan tugasnya tetapi siswanya tidak mempunyai motivasi untuk mencar ilmu maka proses mencar ilmu mengajarpun tidak akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, demikian pula sebaliknya jikalau faktor siswanya siap, mempunyai rasa yang tinggi untuk mengetahui sesuatu tetapi guru tidak mempunyai kemampuan dan kualitasnya rendah, proses mencar ilmu mengajarpun tidak akan mencapai tujuan pembelajaran.

Baca juga: Strategi untuk Mengenal Karakter Peserta Didik

Guru, sebagai salah satu faktor penunjang dalam acara mencar ilmu mengajar haruslah mempunyai kompetensi yang mumpuni, acara mencar ilmu ini haruslah mengacu pada prinsip-prinsip mencar ilmu mengajar, yakni adanya perbuatan atau acara anak didik yang dibantu oleh guru untuk sanggup mengubah tingkah lakunya, bertambah wawasannya, serta mengalami pertumbuhan yang normal. Guru dituntut untuk melayani secara optimal dalam membantu siswa mengasah kemampuannya baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotornya.

Banyak seni administrasi pengajaran yang bisa diterapkan oleh guru yang intinya semua seni administrasi tersebut bertujuan semoga proses mencar ilmu menagajar berlangsung baik sehingga sanggup mencapai tujuan, salah satunya yakni menunjukkan reward atau hadian kepada siswa dalam upaya meningkatkan motivasi mencar ilmu siswa.

Guru jangan hanya menunjukkan hukuman kepada siswa yang telat tiba ke sekolah, tetapi juga harus menunjukkan hadiah kepada siswa yang selalu sempurna dan rajin. Berikan hadiah kepada siswa yang menjadi motivator baik di kelas, atau sekolah secara umum. Sekecil apapun acara mencar ilmu mengajar uapayakan ada reward sebagai upaya meningkatkan semangat mencar ilmu siswa.

Ada beberapa manfaat dalam menunjukkan reward kepada siswa dalam acara mencar ilmu mengajar, manfaat bagi siswa diantaranaya :

1. Siswa akan merasa senang dalam belajar, dan secara tidak pribadi akan berupaya menjadi yang terbaik
2. Akan terjalinnya korelasi yang baik antara guru dan siswa, sehingga siswa akan merasa betah belajar
3. Melatih siswa untuk lebih semangat memahami dan menguasai dalam pembelajaran
4. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran
5. Meningkatkan motivasi siswa dan membuat suanana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Manfaat bagi guru, diantaranya :
1. Dapat menunjukkan suatu donasi faktual yang diperlukan sanggup bermanfaat untuk membantu membuat suasana pembelajaran yang kondusif.

2. Memberikan dorongan untuk melaksanakan kreasi dan penemuan dalam pembelajaran yang diperlukan sanggup meningkatkan hasil dan kualitas mencar ilmu itu sendiri.

Semoga dengan bekal pengetahuan yang terdapat dalam goresan pena ini bisa meningkatkan kualitas proses mencar ilmu mengajar sehingga siswa sanggup dengan cepat menguasai materi pelajaran secara baik dan berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

*) Ditulis oleh Ayi Wahyudin, Guru SDN Cikidang UPTD TKSD Kec. Rancabali Kab. Bandung
Advertisement

Iklan Sidebar