'/> Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan Dan Kekurangannya

Info Populer 2022

Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan Dan Kekurangannya
Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan Dan Kekurangannya
Tujuan utama memakai metode inquiri ialah membantu siswa dalam berbagi keteramp Pengertian Metode Inquiri, Kelebihan dan Kekurangannya
Tujuan utama memakai metode inquiri ialah membantu siswa dalam berbagi keterampilan inovasi ilmiah.
Pengertian metode inquiri ialah metode pembelajaran yang mana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses penemuan, penempatan siswa lebih banyak mencar ilmu sendiri serta berbagi keaktifan dalam memecahkan masalah.

Metode mengajar ialah suatu pengetahuan perihal cara-cara mengajar yang dipakai oleh seorang guru atau instruktur. Pengertian lain ialah teknik pengajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan materi pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun kelompok, semoga pelajaranitu sanggup disrap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik.makin baik metode mengajar makin efektif pula pencapaian tujuan. ( Ahmadi, 2005 : 52). Proses inquiri ialah suatu proses khusus untukmeluaskanpengetahuan melalui penelitian.

Peran utama guru dalam pelajaran inquiri sebagai metoderator (Sutrisman,Tambunan 1987:6-39). Metode inquiri merupakan metode pengajaran yang berusaha meletakan dasar dan berbagi cara berpikir ilmiah. Dalam penerapan metode ini siswa dituntut untuk lebih banyak mencar ilmu sendiri dan berusaha berbagi kreatifitas dalam berbagi persoalan yang dihadapinya sendiri. Dan tujuan utama memakai metode inquiri ialah membantu siswa dalam berbagi keterampilan inovasi ilmiah.

Langkah-langkah penerapan metode inquiri

Kegiatan-kegiatan mencar ilmu yang disajikan dalam semangat banyak sekali inquiri menambah motivasi dan dan memajukan partisipasi aktif (Hamalik,200 :64). Syarat-syarat penerapan metode inquiri ialah merumuskan topik inquiri dngan terang dan bermanfaaat bagi siswa, membantu kelompok yang seimbang baik akademik mupunsosial dan mejelaskan tugas, menyediakan balikan kepada kelompok-kelompok dengan cara yang responsive dan sempurna waktunya.

Sekali-sekali perlu intervensi oleh guru semoga terjadi interaksi antara eksklusif yang sehat dan demi kemajuan tugas. Melaksanakan evaluasi terhadap kelompok, baik terhadap kemajuan kelompok maupn hasil-hasil yang dicapai (Hamalik,2004 :65).

Menurut pendapat Sudjana (2004 :155) dalam menerapkan metode inquiri ialah beberapa tahapan yaitu : perumusan persoalan untuk dipecahkan siswa tetapkan balasan sementara atau lebih dikenal dengan istilah hipotesis, siswa mencari informasi, data, fakta yang diharapkan untuk menjawab permasalahan atau hipotesis, dalam menarik kesimpulan atau generalisasi, mengaplikasikan kesimpulan dalam situasi baru.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Inquiri:

a. Kelebihan Metode Inquiri
Siswa aktif dalam kegiataan belajar. Sebab ia berpikir dan menggunnakan kemampuan untuk hasil selesai perkembangan secara bepikir ilmiah. Seperti mengali petanyaan, mencari jawaban, dan menyimpulkan atau memproses keterangan. Dengan metode inquiri sanggup dikembangkan seluas-luasnya dan melatih anak untuk mencar ilmu sendiri dengan faktual sehingga sanggup dikembangkan pendidikan demokrasi.

b. Kelemahan Metode Inquiri
Metode inquiri kurang cocok pada anak yang usianya terlalu muda contohnya anak Sekolah Dasar khususnya di kelas rendah. Dengan penerapan metode inquiri memerlukan kecerdasan anak yang tinggi, bila anak kurang cerdas, akhirnya kurang efektif.

Berdasarkan pendapat tersebut diatas sanggup ditarik kesimpulan bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi semua itu sanggup diatasi dengan baik jikalau seorang guru kreatif dalam menggunakannya dan siswa akan terlihat aktif dalam proses mencar ilmu mengajar.
Advertisement

Iklan Sidebar