Download pemetaan Kompetensi dasar (KD) Kurikulum 2013 (K13) kelas 2. |
Berdasarkan Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru pembelajaran tematik terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, dan SBdP. Kompetensi Dasar (KD) kelas 2 SD Kurikulum 2013 terdiri dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) kelas 2 untuk jenjang SD dan sederajat sesuai Kurikulum 2013 (K13) revisi terbaru dilakukan oleh guru kelas sebab sanggup mempermudah dalam melaksanakan penilaian hasil berguru penerima didik, mempermudah menciptakan soal evaluasi, mempermudah dalam menciptakan kisi-kisi soal serta sanggup mempermudah dalam melaksanakan analisis soal.
DAFTAR TEMA DAN SUBTEMA KELAS 2 KURIKULUM 2013
Tema 1. Hidup Rukun
Subtema 1. Hidup Rukun di Rumah
Subtema 2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain
Subtema 3. Hidup Rukun di Sekolah
Subtema 4. Hidup Rukun di Masyarakat
Tema 2. Bermain di Lingkunganku
Subtema 1. Bermain di Lingkungan Rumah
Subtema 2. Bermain di Rumah Teman
Subtema 3. Bermain di Lingkungan Sekolah
Subtema 4. Bermain di Tempat Wisata
Tema 3. Tugasku Sehari-hari
Subtema 1. Tugasku Sehari-hari di Rumah
Subtema 2. Tugasku Sehari-hari di Sekolah
Subtema 3. Tugasku Sebagai Umat Beragama
Subtema 4. Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Tema 4. Aku dan Sekolahku
Subtema 1. Tugas-tugas Sekolahku
Subtema 2. Kegiatan Ekstrakurikulerku
Subtema 3. Lingkungan Sekolahku
Subtema 4. Prestasi Sekolahku
DAFTAR KD KELAS 2 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
Pembelajaran tematik sesuai Kurikulum 2013 (K13) terdiri muatan mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, dan SBdP. Berikut ini deskripsi setiap KD kelas 2 SD semester 1 bersumber dari Buku Guru Kelas 2 Kurikulum 2013 (K13) menurut muatan mata pelajaran yang harus diajarkan dan dikuasai penerima didik:
KD Muatan Pelajaran PPKn Kelas 2 Semester 1 K13
1.1 meyakini terdapat kekerabatan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
2.1 mengatakan perilaku positif terhadap kekerabatan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
3.1 memahami kekerabatan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
4.1 menceritakan kekerabatan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
1.2 menghargai hukum dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
2.2 mematuhi hukum dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 memahami hukum dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 melaksanakan acara sesuai hukum dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.3 mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman individu di sekolah.
4.3 menceritakan jenis-jenis kebersamaan dalam keberagaman individu di sekolah.
1.4 mengatakan perilaku bersatu dalam keberagaman di sekolah.
2.4 bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
KD Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Semester 1 K13
3.1 memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun.
4.1 menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun.
3.2 memahami kosakata dan konsep wacana keragaman benda menurut bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa tempat melalui teks tulis, mulut dan visual.
4.2 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang sempurna atau bahasa tempat dalam laporan hasil pengamatan wacana keragaman benda menurut bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
3.3 memahami kosakata dan konsep wacana lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa tempat melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.3 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang sempurna atau bahasa tempat hasil pengamatan wacana lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
3.4 memahami kosakata dan konsep wacana lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa tempat melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang sempurna atau bahasa tempat hasil pengamatan wacana lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4 menceritakan pengalaman bersatu (misal: bermain bersama-sama) dalam keberagaman di sekolah.
KD Muatan Pelajaran Matematika Kelas 2 Semester 1 K13
3.1 menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai tempat dengan memakai model faktual serta cara membacanya.
4.1 membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai tempat dengan memakai model konkret
3.2 membandingkan dua bilangan cacah.
4.2 mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
3.3 menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3 menuntaskan persoalan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 menuntaskan persoalan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
3.5 menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan banyak sekali kesetaraan pecahan mata uang.
3.9 menjelaskan ruas garis dengan memakai model faktual berdiri datar dan berdiri ruang.
4.9 mengidentifikasi ruas garis dengan memakai model faktual berdiri datar dan berdiri ruang.
3.10 menjelaskan berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri-cirinya
4.10 mengklasifikasi berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri-cirinya.
3.11 menjelaskan teladan barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai model konkret.
4.11 memprediksi teladan barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai model konkret.
KD Muatan Pelajaran SBdP Kelas 2 Semester 1 K13
3.2 mengenal teladan irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 menampilkan teladan irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.3 mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 menciptakan karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.4 mengenal pengolahan materi alam dan buatan dalam berkarya.
4.4 menciptakan hiasan dari materi alam dan buatan.
KD Muatan Pelajaran PJOK Kelas 2 Semester 1 K13
3.1 memahami mekanisme gerak variasi teladan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 memahami mekanisme variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 memahami mekanisme variasi teladan gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 memahami mekanisme bergerak secara seimbang, lentur, dan berpengaruh dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 mempraktikkan mekanisme bergerak secara seimbang, lentur, dan berpengaruh dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
DOWNLOAD PEMETAAN KD K13 KELAS 2 SEMESTER 1
Dengan pemetaan KD kelas 2 semester 1 Kurikulum 2013 sanggup mengetahui Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 revisi 2018 yang muncul pada pembelajaran setiap subtema dan tema semester 1 di kelas 5 SD/MI. Bagi Anda yang membutuhkan pemetaan KD Kelas 2 semester 1 Kurikulum 2013 revisi terbaru sanggup didownload melalui link berikut:
- Pemetaan KD K13 Kelas 2 Tema 1 ( Download )
- Pemetaan KD K13 Kelas 2 Tema 2 ( Download )
- Pemetaan KD K13 Kelas 2 Tema 3 ( Download )
- Pemetaan KD K13 Kelas 2 Tema 4 ( Download )
- Daftar KD K13 Kelas 2 SD Semester 1 ( Download )
Pemetaan KD kurikulum 2013 Kelas 2 semester 1 tersebut setiap muatan pelajaran dikutip eksklusif dari buku guru kelas 2 semester 1 Kurikulum 2013 (K13) edisi revisi terbaru. Pemetaan kompetensi dasar (KD) kurikulum 2013 kelas 2 semester 1 dibentuk dalam format excel yang disusun menurut pembelajaran 1 hingga pembelajaran 6 dalam setiap subtema.
Advertisement