'/> Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 Dan Pembuatnya

Info Populer 2022

Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 Dan Pembuatnya

Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 Dan Pembuatnya
Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 Dan Pembuatnya
 dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Kriteria Soal Ujian Sekolah 2016 dan Pembuatnya
Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI tahun 2016 dibentuk sentra dan daerah, inilah kriteria soalnya.
Sebanyak 25 persen butir soal ujian sekolah (US) SD/MI tahun pelajaran 2015/2016 dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan sisanya 75 persen dibentuk oleh masing-masing daerah. Berdasar prosedur operasonal standar (POS) ujian sekolah SD/MI dilaksanakan pertengahan Mei 2016.

Butir-butir soal ujian sekolah yang menjadi tanggung jawab Kemendikbud sudah siap. “Soalnya sudah ada, nanti tinggal tempel aja dengan soal-soal buatan daerah,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kemendikbud, Nizam yang kutip dari JPNN (27/12/15).

Nizam memastikan bahwa soal ujian sekolah tahun 2016 yang dibentuk oleh pemerintah sentra maupun pemerintah daerah, memakai Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP). Meski ada sekolah yang memakai Kurikulum 2013, bahan ujiannya juga mengambil dari Kurikulum 2006.

Sejumlah kriteria diminta Nizam biar soal ujian sekolah untuk siswa SD/MI itu baik. Diantaranya yakni soal ujian sekolah itu harus valid dan reliable. Maksudnya yakni soal ujian harus sanggup dijawab oleh siswa, dan jawabannya ada di daftar pilihan ganda jawaban.

Kemudian soal ujian yang elok harus sanggup menguji siswa merujuk pada bahan yang ada di kisi-kisi ujian sekolah. Selain itu soal ujian harus mengandung daya ukur dan daya beda yang baik. Sehingga sanggup mengukur dan membedakan antara siswa yang memahami bahan tertentu dan yang kurang memahami.

Baca juga: Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah (US) SD/MI Tahun 2016

Soal ujian yang dibentuk pemda, dibutuhkan juga tidak mengandung unsur SARA. Dinas pendidikan tingkat provinsi dibutuhkan sanggup segera membentuk tim untuk menciptakan butir-butir soal ujian. Meskipun butir soal ujiannya dibentuk pemda, Nizam menyampaikan kisi-kisinya buatan pemerintah pusat.

Kisi-kisi ujian sekolah SD/MI dan sederajat sudah dilansir. Mulai semester genap yang dimulai pada Januari mendatang, para guru sanggup fokus mendampingi siswa mempersiapkan ujian tamat itu. Selain itu, Ketuntasan bahan berguru di kelas VI juga harus jadi pertimbangan.
Advertisement

Iklan Sidebar