'/> Belajar Calistung Sebelum Waktunya Dapat Rusak Tatanan Otak Anak

Info Populer 2022

Belajar Calistung Sebelum Waktunya Dapat Rusak Tatanan Otak Anak

Belajar Calistung Sebelum Waktunya Dapat Rusak Tatanan Otak Anak
Belajar Calistung Sebelum Waktunya Dapat Rusak Tatanan Otak Anak
Mengajarkan anak calistung sebelum waktunya sanggup merusak tatanan otak anak.
Mengajarkan anak baca, tulis dan berhitung (calistung) semenjak dini berdasarkan para ahli, hal itu sanggup merusak tatanan otak anak. Pakar tumbuh kembang anak dari Universitas Airlangga DR Dr Ahmad Suryawan SpA(K) mengingatkan para orang renta untuk tidak mengajarkan calistung sebelum sang anak berumur tujuh tahun.

"Mengajarkan anak calistung sebelum waktunya sanggup merusak tatanan otak anak, dalam artian anak dalam mengerjakan sesuatu tidak runtut atau selaras," kata Ahmad yang kutip dari Republika (28/11/15).

Anak yang berumur di bawah tujuh tahun atau sebelum masuk ke Sekolah Dasar (SD) seharusnya sanggup membentuk garis lurus, menggaris, membentuk gambar bangkit sederhana dan sebagainya. Sayangnya, pada masyarakat modern ketika ini, anak belum tentu sanggup menggambar garis lurus malah mencar ilmu menghitung.

"Anak memang sanggup cerdik lantaran sanggup calistung semenjak dini, tapi perilakunya tidak runtut dalam menuntaskan suatu persoalan. Hal itu lantaran sirkuit di otaknya tidak 'by order'. Anak tidak mengerti urutan," kata Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga tersebut.

Bagi anak yang sudah dikenalkan calistung semenjak dini, ada dua kemungkinan. Pertama, sanggup calistung lantaran mengerti caranya dan kedua, anak tersebut sanggup lantaran menghafalkan caranya. Salah kaprah pandangan orang renta itu disebabkan oleh cara menilai prestasi anak dari dilihat dari akademik dan melupakan prestasi nonakademik.

Baca juga: Jangan Buru-buru Ajarkan Calistung Pada Anak

Akibat dari salah pemahaman tersebut, ketika ini di sejumlah kota besar di Tanah Air marak muncul kursus les membaca yang diperuntukkan bagi belum dewasa yang masuk dalam kategori Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Menurut Ahmad, Calistung boleh dikenalkan pada anak usia PAUD, tetapi dilarang jadi penilaian prestasi.
Advertisement

Iklan Sidebar