'/> 4 Kiat Menciptakan Siswa Semangat Dalam Belajar

Info Populer 2022

4 Kiat Menciptakan Siswa Semangat Dalam Belajar

4 Kiat Menciptakan Siswa Semangat Dalam Belajar
4 Kiat Menciptakan Siswa Semangat Dalam Belajar
 Kiat Membuat Semangat Siswa dalam Belajar 4 Kiat Membuat Siswa Semangat dalam Belajar
Guru harus bisa membuat siswa semangat dalam pembelajaran, biar siswa mendapatkan hasil yang maksimal.
Sebagai seorang guru kita harus bisa membuat siswa semangat dalam pembelajaran, biar siswa mendapatkan hasil yang maksimal dan apa yang menjadi keinginan seorang guru.

Baca juga: Cara Memotivasi Anak SD Semangat untuk Belajar

Pertama, seorang guru hendaklah bisa menunjukkan senyuman pada ketika pembelajaran, alasannya ialah tersenyum menjadikan seorang guru yang ceria, semangat dan enerjik, sehingga akan menjadi kesan terbaik terhadap siswa sehingga sanggup membuat siswa bahagia, senang, dan juga senyum itu akan membangkitkan semangat siswa dalam mendapatkan pembelajaran. Sekarang senyum “sangat mahal”, bagi seorang guru, masuk kelas guru tak pernah senyum, dengan wajah tanpa lisan guru mulai mengajar yang menyebabkan siswa dengan muka tegang mendapatkan pembelajaran.

Kedua, berikan iman kepada siswa, alasannya ialah untuk membina suatu relasi ialah dengan landasan kepercayaan, seorang guru harus percaya dengan muridnya dan sebaliknya, siswa harus bisa percaya dengan dirinya, apabila kedua belah pihak sudah masing-masing percaya maka timbullah keyakinan seorang siswa bahwa saya bisa mendapatkan dan menjalankan pembelajaran hari ini.

Ketiga, berikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan siswa, tanggung jawab identik dengan beban, beban yang ditanggung siswa ialah bisa dia laksananakan bukan beban yang terasa disiswa menjadi siksaan sehingga itulah yang menjadikan kata ”malas”. Apabila siswa bertanggung jawab dalam melakukan pembelajaran tanpa beban maka akan timbullah semangat belajar.

Keempat, berikan siswa kesempatan untuk berbuat, kesempatan merupakan salah satu faktor yang harus diberikan kepada siswa dengan diberikan kesempatan siswa bisa membuatkan kemampuan diri. Tanpa kesempatan yang diberikan mustahil siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, oleh alasannya ialah itu kalau kesempatan belum muncul dalam diri siswa seorang guru harus bisa membimbing siswa dalam membuat kesempatan, bahkan dalam kesulitan apapun siswa harus diberikan kesempatan untuk membuat semangat belajar.

*) Ditulis oleh Yasrizal, Guru kelas 5 SDN 002 Nongsa Kota Batam
Advertisement

Iklan Sidebar